Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Sabtu, 06 Februari 2016

Cara Stel Klep


 Mungkin kebanyakan orang servis motor sendiri itu terlihat sulit terutama untuk mesin bagian dalam(CD).Tapi ada kalanya kalau kita lagi kanker (kantong kering). Kita harus coba untuk otak-atik dalaman motor kita,ya karna itulah ane mau share tata cara servis motor terutama klep.
Setelan klep sangat mempengaruhi performa motor kesayangan. Setelan Klep standar khususnya motor bebek lumayan besar antara 0,05-0,07mm.Semakin besar celah klep motor kita makin ganas pula goyangannya sorry maksudnya tarikannya.Tetapi itu akan berakibat klep menjadi boros atau cepat aus.

Oke Berikut ini tata cara untuk setel klep dgan mudah cek it dot:
1) Pertama Persiapkan alat-alat
     a. Sepeda Motor
     b. Feeler Gauges
     c. Tappet (adjust wrench)
     d. Kunci ring 8-9 ( khusus motor bebek), kunci ring 10-11 ( khusus motor sport )

2) Cara penyetelan( ane coba di MOTOR HONDA SUPRA X 100cc )
     a. Buka tutup katup/klep in dan ex
     b. Buka tutup tanda TOP dan penutup kecil di blok mesin bagian magnet ( kiri )
     c. Putar magnet kekiri ( berlawanan arah jarum jam ) sampai tanda T ( TOP ) terlihat di lubang                yang kecil.
     d. Kemudian cek roker arm ( pelatuk klep ) in / ex dengan cara digoyang 2 pake tangan serasa                 ga tertekan oleh noken ( camshaft ).





 e. Selanjutnya bagian inti, yaitu menyetel celah katup/klep
f. longgarkan baut 9 dengan kunci ring 9,sambil di tahan pakai tappet
g. Masukan feeler gauges diantara cotter valve( baut stelan klep) dan klep,dan stel.
h. cari ukuran celah katupyang sesuai dengan specifikasi motor anda. ane ambil contoh supra x 100cc pake in 0,05 ex 0,05.
i. Stel celah klep yang baik yaitu saat puler dimasukan terus dorong feeler akan terasa seret begitu jg kalo di tarik
j. setelah pas, jangan lupa kencangkan kembali baut stelan klepnya da n tutup
k. selamat ..motor anda sudah tersetel dengan baik dan siap melaju dengan performa terbaiknya.



          Penyetelan klep ini akan berpengaruh terhadap suara mesin ,stasioner ( langsam) mesin,dan juga tenaga mesin itu sendiri.semakin besar celah katup/klep maka bahan bakar akan semakin irit ,suara agak kasar, tenaga motor akan kurang dikarnakan terlambatnya masuk nya bahan bakar dan gas buang,begitu juga kalau celah katup/klep terlalu kecil bahan bakar pun akan boros,suara memang halus akan tetapi mesin akan cepat panas,karna masuknya bahan bakar terlalu cepat masuk dan keluarnya ,kompresi pun biasanya akan terbuang,bahkan lebih parah saat motor kelebihan panas( over heat ) biasanya motor suka mati mendadak dikarnakan kompresi bocor.disarankan menggunakan ukuran celah katup/klep menggunakan ukuran pabrikan.Dibawah ane kasih ukuran celah katup/klep khusus SEPEDA MOTOR HONDA
UKURAN CELAH KATUP SEPEDA MOTOR HONDA TYPE MOTOR IN EX LEGENDA 0,05 0,05 SUPRA series 0,05 0,05 GRAND series 0,05 0,05 WIN 0,05 0,05 MEGAPRO 0,1 0,1 TIGER  0,1 0,1 MEGAPRO NEW     VERZA     CB150R SHIM SHIM VARIO series ( 110cc) 0,15 0,25 VARIO 125 injektion     BEAT carbu / injektion 0,15 O,15 PCX 125     PCX 150     CBR 150RR SHIM SHIM CBR 250  SHIM SHIM NOVA SONIC 125 RS 0,07 0,27 BLADE     REVO / REVO FIT  

Membersihkan dan menyetel karburator
cara menggati rem cakram
cara mengganti kampas kopling jupiter z
perbesar api dengan ground strap

0 komentar:

Posting Komentar